ADABNASIHAT

Dibalik Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Selalu ada kebahagiaan setelah penderitaan. Itu sudah dijanjikan Allah

Oleh: H. Duliar Rasyid

SATUJALAN – Kemarin menghadapi masalah, tadi juga ada masalah, besok lusa masalah tentu selalu ada. Masalah yang lazim kita kenal dalam Islam sebagai ujian, dijanjikan Allah, dan dalam Al Quran, akan menimpa setiap insan. Tapi itu bukan karena Allah tak sayang kepada kita melainkan sebagai ujian untuk bisa memperoleh kemuliaan dari Allah SWT.

Kita insyaAllah akan bisa melewati ujian-ujian itu. Kesanggupan itu juga telah dikatakan Allah, bahwa Dia tidak akan menimpakan cobaan dan ujian yang tak mampu diemban oleh orang yang mendapat ujian.  Semua permasalahan yang ada memang sudah diukur dan disesuaikan dengan kemampuan seseorang dalam menghadapi permasalahan tersebut.

Sehingga tanamkanlah dalam benak pikiran dan hati anda agar selalu berpikir positif, dan yakin bahwa anda bisa menghadapinya. Firman Allah dalam Al Quran. Al-Baqarah : 286 yang berbunyi : “ Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya ”.

Sungguh maha besar Allah dengan segala firman-Nya. Permasalahan memang datang dengan kadar ukuran yang berbeda ketika menimpa diri setiap insan. Karenanya, kita tak perlu cemas dan khawatir, karena semua permasalahan yang datang menghampiri anda, memang sudah disesuaikan dengan kadar kemampuan yang anda miliki. berat bagi anda.

Alhasil, Anda pun bisa tetap yakin dan optimis bahwa anda bisa menghadapi permasalahan tersebut. Selalau Ada Kemudahan Di Balik Kesulitan. Untuk menghadapi semua permasalahan yang ada, hendaknya anda bisa menghilangkan rasa putus asa dalam menghadapi permasalahan tersebut.

Baca Juga  Betapa Berat Menjaga Takwa Setelah Ramadhan Berlalu, Sampai-sampai Rasulullah dan Sahabat Menangis

Firman Allah, dalam suratS Al-Insyirah : 5-6 yang berbunyi : “ Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan, Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan ”.

Kita pun Bisa Berubah Untuk Menjadikan Diri Lebih Baik. Jika selalu mengeluh tentang diri anda yang kurang memiliki nasib seperti yang dimiliki oleh orang lain, maka itu tidak dibenarkan. Dan intinya, Bahwa anda pun bisa berubah untuk menjadi lebih baik jikalau anda mau berusaha untuk berubah.

Allah dalam firmannya pada surah  Ar-Rad : 11 yang berbunyi : “ Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, hingga mereka mengubah diri mereka sendiri ”. Oleh karena itu selama rasa semangat dan usaha dalam diri ini terus ditumbuhkan, maka semua masalah tersebut bisa ditemukan sebuah solusi yang tepat dalam menghadapinya.

Dan setidaknya anda juga bisa berusaha untuk melakukan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin. Biasanya  Ada Hikmah Di Balik Suatu Hal Yang Tidak Disukai. Ketika menghadapi sesuatu hal yang tidak disukai, maka biasanya akan timbul rasa sedih, benci, marah, kecewa, yang pada akhirnya akan menimbulkan rasa putus asa. Padahal jika diperhatikan, bahwa ada hikmah dan kebaikan di balik suatu yang tidak disukai tersebut.

Allah berkata dalam Al Quran surah  Al-Baqarah : 216 yang berbunyi “ Dan boleh jadi kamu membenci sesuatu tetapi ia baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu tetapi ia buruk bagimu, dan Allah mengetahui dan kamu tidak mengetahui “.

Baca Juga  Terisak-isak Ketika Salat Malam

Semisal : Jika kita tidak diterima kerja di sebuah perusahaan, maka terkadang rasa kecewa, benci, bingung, dan sejenisnya, akan kerap terlontar dalam benak pikiran dan hati. Padahal bisa jadi hal tersebut merupakan yang terbaik bagi diri anda. Dan jika anda seandainya diterima kerja di perusahaan tersebut ada hal buruk yang terjadi pada diri anda saat itu. Oleh karena itu, janganlah putus asa dan selalu berbaiklah sangka dengan semua yang anda alami, dan terus semangat untuk berusaha mencari yang terbaik.

Allah meminta kita selalulah takwa . Selalu bertakwa dan bertawakal kepada Allah ketika menghadapi masalah berat, memang bisa menjadi penenang hati yang gundah gelisah dan rasa putus asa. Sehingga dari situ anda bisa melakukan kedua akhlak mulia ini, guna memupuk rasa juang yang kuat untuk menghadapi semua permasalahan yang ada. Firman Allah dalam surah. Ath-Thalaq : 2-3 artinya “ Barang siapa bertakwa kepada Allah, maka Dia (Allah) akan menjadikan jalan keluar baginya, dan memberinya rizki dari jalan yang tidak ia sangka. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah maka cukuplah Allah baginya, Sesungguhnya Allah melaksanakan kehendak-Nya, Dia (Allah) telah menjadikan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu ”.

Dengan bertawakal dan bertakwa kepada Allah SWT, Maka ketika menghadapi permasalahan berat, Allah akan melapangkan jalan keluar dan datangnya rizki yang tak disangka. Memang hal demikian merupakan solusi yang tak tertandingi, dan perlu untuk selalu diterapkan dalam menjalani hidup sehari-hari.(*)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close
Close