DUNIA ISLAM

Surat Tabarak (Al-Mulk) adalah Pencegah Azab Kubur

mulai menerapkan kebiasaan membaca Alquran sebelum tidur

SATUJALAN NETWORK – Kita pasti mengalami kematian. Sembari menunggu hari pembalasan atau kiamat, maka kita akan singgah terlebih dahulu di alam kubur. Kita tentunya percaya, jika ada siksa kubur.

Untuk itu sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW, mari kita perbanyak membaca Alquran terutama Surat Al – Mulk. Karena terdapat salah satu surat dalam Alquran yang dapat mencegah manusia dari siksa kubur. Maka
Dikutip dari buku Tajwid Lengkap Asy-Syafi’i karya Abu Ya’la Kurnaedi, Rasulullah SAW bersabda,

Surat Tabarak (Al-Mulk) adalah pencegah azab kubur,” (Hadits sahih dari Abdullah bin Mas’ud).
Dalam kesempatan lainnya Rasulullah SAW bersabda,
“Di antara Alquran ada sebuah surah yang berjumlah 30 ayat yang bisa memberi syafaat bagi pembacanya, sampai doa diampuni, yaitu Tabaarakalladzi biyadikal mulk (Al Mulk),” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

Baca Juga  Konsep Iman Dalam Bahasan Al-Qur’an  

Selain itu ketika, Istirahat kebutuhan bagi setiap makhluk hidup, dengan istirahat tubuh akan kembali berenergi setelah seharian penuh sibuk dengan beragam aktivitas. Setiap orang memiliki ritual menjelang tidur, ada yang menonton televisi terlebih dahulu, bermain gadget atau memberi aroma terapi pada kamarnya.

Namun bagi kamu seorang muslim, tak ada salahnya jika mulai menerapkan kebiasaan membaca Alquran sebelum tidur. Salah satunya kamu bisa membiasakan diri untuk membaca surat Al Mulk. Surat Al Mulk tergolong surat Makkiyah yang merupakan surat ke 67 dan terdiri dari 30 ayat.

Editor: Bangun Lubis

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close