MUSLIMAH

Jangan Tinggalkan Aku Sayang

tidak semua pasangan suami istri mudah untuk mendapatkan keturunan. Beberapa diantaranya bahkan butuh bertahun-tahun untuk mendapat kan keturunan.

Oleh aminuddin  – Jurnalis

“Nikahilah perempuan yang kalian cintai dan punya keturunan (tidak mandul), karena saya di hari kiamat nanti akan banggakan jumlah kalian yang banyak.”

(HR. Ahmad yang diakui sebagai hadis shahih oleh Ibnu Hibban)

.

Saudara-saudaraku yang seiman ..

Tujuan pernikahan dalam Islam sendiri adalah untuk menciptakan keluarga yang sakinah mawadah dan warahmah yang mampu mendidik anak-anak sesuai de ngan cara mendidik anak yang baik me nurut Islam.

Tapi sayangnya tidak semua pasangan suami istri mudah untuk mendapatkan keturunan. Beberapa diantaranya bahkan butuh bertahun-tahun untuk mendapat kan keturunan.

Kira-kira apa saja penyebabnya?

Dilansir dari berbagai sumber, Pop mama. com telah merangkum beberapa penyebab seorang perempuan belum kunjung hamil dalam Islam.

1. Belum berwudhu sebelum berhubungan
Wudhu dengan cara wudhu yang benar sebelum berhubungan intim merupakan salah satu adab berhubungan intim.
Manfaat berwudhu dalam Islam bukan hanya membersihkan najis kecil, namun wudhu juga membuat kedua pasangan dijauhi dari setan yang menghalangi bahkan ikut campur dengan membisikkan keburukan bagi si calon jabang bayi.

Oleh karena itu, biasakanlah untuk berwudhu sebelum tidur, terutama sebelum berhubungan intim bersama pasangan.

2. Belum bertaubat

Pasangan yang belum bertaubat dari dosa besar dalam Islam akan menyebabkan keduanya sulit mendapatkan keturunan. Allah SWT tidak akan menitipkan seorang anak kepada mereka yang tidak mau bertaubat.

Untuk itu, lakukanlah shalat taubat, melakukan amalan penghapus dosa zina, dan perbanyak amalan istighfar agar diberi kemudahan mendapatkan keturunan.

Sebagaimana firman Allah SWT:

“Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai- sungai.”

(QS. Nuh : 10 – 12)

3. Menunda kehamilan
Beberapa pasangan muda biasanya menunda kehamilan dengan menggunakan alasan ingin berduaan terlebih dahulu atau alasan karir dan keuangan.

Tanpa disadari, dengan menggunakan alat kontrasepsi sebelum pernah mendapatkan keturunan, ternyata akan menyebabkan rahim menjadi kering dan tubuh dipenuhi dengan zat kimia dari kontrasepsi.

Hal ini justru menyebabkan sel telur mengalami kesulitan untuk dibuahi. Padahal, ada banyak keutamaan perempuan hamil dalam Islam. Allah juga tidak menyukai orang-orang yang seperti ini.

وَلْيَخْشَ ٱلَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا۟ مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَٰفًا خَافُوا۟ عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَلْيَقُولُوا۟ قَوْلًا سَدِيدًا

Artinya: ”Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.”

(QS. An Nisa: 9)

4. Masih mengonsumsi minuman keras

Minuman keras dalam Islam termasuk dalam jenis minuman haram. Juga tidak baik dikonsumsi oleh perempuan maupun laki-laki.
Tak hanya berdampak buruk bagi tubuh, larangan minuman keras dalam Islam juga dikeluarkan karena minuman keras akan berdampak buruk pada sistem reproduksi.

Pada perempuan, minuman keras akan berdampak pada sistem produksi hormon progesteron dan estrogen yang akan meningkatkan kadar prolaktin sehingga menghambat poses ovulasi.

Sedangkan pada laki-laki, minuman keras dapat menyebabkan pengecilan ukuran testis dan bisa menurunkan volume air mani, mobilitas, morfologi, maupun konsentrasi spermatozoa.

5. Adanya kelainan

Kelainan pada rahim akan menyebabkan terhambatnya jalan sperma menuju sel telur sehingga sulit terjadi pembuahan.

Beberapa kelainan yang dapat menghambat kehamilan diantaranya adalah pembentukan jaringan ikat (fibrosis), perlekatan tuba yang mengganggu fungsi fimbria, polip atau mioma, masalah konstraksi rahim, dan peradangan endometrium.

Hamil memang menjadi keinginan setiap pasangan yang telah membangun rumah tangga, namun untuk mencapai keinginan tersebut hendaklah selalu berdoa dan tawakal kepada Allah SWT.

6. Stres atau tertekan

Seorang perempuan yang mengalami stres atau depresi akan mengalami kesulitan untuk hamil.

Pendiri Fertility Awareness Counseling and Training Seminars (FACTS), Tony Weschler mengatakan bahwa stres bisa mempengaruhi fungsi hipotalamus, bagian di otak yang berfungsi mengatur emosi, tekanan darah, denyut jantung, suhu tubuh dan perilaku konsumsi.

Bagian otak ini juga mengatur hormon yang memerintahkan ovarium untuk melepaskan sel telur.

7. Terlalu banyak makan junk food

Gaya hidup tidak sehat juga akan mempengaruhi kondisi rahim. Mengonsumsi makanan tidak sehat atau junk food diketahui bisa menyebabkan susah hamil.

Kandungan lemak jenuh yang terdapat di dalamnya mampu meningkatkan risiko gangguan ovulasi hingga 73%.

Saudara-saudaraku yang seiman dan dicintai Allah SWT ..

Guna mendapatkan proses kehamilan pada ra him wanita ada beberapa usaha yang dapat dilakukan baik secara medis maupun tradisional. Secara traditional biasanya dengan mengguna kan jamu traditional maupun pijatan pada bagian rahim dan perut.

Sedangkan secara medis proses awal yang perlu dilakukan adalah mengetahui tingkat kesuburan dan kondisi rahim yang dimiliki oleh wanita dan diakhiri dengan mengonsumsi perangsang maupun obat tertentu dan bahkan melakukan tindakan medis seperti inseminsi buatan maupun bayi tabung.

Berikut ini beberapa cara menyuburkan kandungan menurut islam yang dapat dilakukan oleh muslimah demi segera mendapatkan keturunan guna menyempurnakan ibadah pernikahan yang dijalani bersama suami.

Berdoa dan mohon petunjuk kepada-Nya
Sebagai seorang musliim, berdoa merupakan salah satu jalan untuk dapat berinteraksi dengan Allah SWT dan memohon sesuatu dalam hidup yang salah satunya adalah memohon petunjuk agar kandungan dalam kondisi yang subur sehingga dapat segera mendapatkan keturunan dalam pernikahan yang resmi.

2 Melakukan konsulatsi dengan dokter kandungan

Islam selalu mengajarkan untuk menanyakan hal yang tidak di pahami pada orang dengan kemampuan keilmuan yang tepat. Untuk itu, wanita perlu melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan agar memperoleh saran dalam membantu meningkatkan kesuburannya.

Selagi tidak ada yang berbenturan dengan syariat Islam maka tindakan medis apapun dapat dilakukan guna membantu menyuburkan kandungan wanita.

3 Menghindari hal yang dapat menyebabkan rahim tidak subur

Beberapa hal yang menjadi larangan bagi wanita karena dapat menyebabkan kandungan tidak subur serta secara Islam merupakan hal yang wajib dihindari bagi wanita diantaranya seperti :

Merokok

Kandungan nikotin dalam rokok tentu dapat menyebakan kemandulan dan memang sejatinya kaum muslimah tidak boleh merokok.

Menggunakan obat terlarang

Baik agama Islam maupun secara umum menjelaskan bahwa mengonsumsi obat-obatan terlarang merupakan salah satu hal yang haram dan tentu dapat menimbulkan efek buruk pada kandungannya.

Mengharapkan bantuan dari dukun bayi

Memohon dan mengharap bantuan pada yang selain Allah SWT merupakan hal yang tidak boleh dilakukan secara Islam dan termasuk perbuatan syirik.

4. Melakukan terapi secara Islam
Beberapa terapi yang dapat dilakukan oleh wanita demi mendapatkan kesuburan kandungan diantaranya seperti bekam dan rukyah.

Bekam merupakan salah satu bentuk terapi menggunakan sebuah alat yang dapat membantu memperlancar peredaran darah serta memperlancar sistem pencernaan.

Sedangkan rukyah syariah merupakan salah satu bentuk terapi untuk menghilangkan pengaruh buruk dari jin ataupun sihir yang bisa jadi merupaka penyebab kondisi buruk pada kesehatan kandungan wanita.

Kedua terapi tersebut juga perlu didukung dengan melakukan pola hidup sehat secara teratur. Selalu konsisten untuk menjalani kewajiban sebagai seorang muslim

Baca Juga  Begini Wanita Islam yang Terpelihara Kebaikannya

Demi mendapatkan pertologan Allah maka seorang muslim harus memiliki iman dan ketaatan yang baik dengan cara selalu mengerjakan kewajibannya sebagai seorang muslim dengan baik tanpa adanya keluhan maupun muncul kemalasan.

Dengan menjalankan ibadah atau kewajiban muslim dan menghindari larangan-Nya maka Allah SWT pasti akan memberikan bantuan serta petunjuk.

Mengerjakan amalan sunnah
Wanita juga dapat melakukan beberapa amalan sunnah demi membantu untuk segera memperoleh bantuan dari sang Maha Kuasa.

Beberapa amalan sunnah dalam Islam yang dapat dikerjakan diantaranya melakukan ibadah puasa Daud, lebih banyak beramal, bersedekah dan berzakat, serta mendekatkan diri ke Allah SWT dengan jalan melakukan ibadah umrah maupun haji.

Berserah diri pada Allah SWT
Jika memang semua usaha yang ada sudah pernah dilakukan maka langkah terakhir yang dapat menjadi salah satu cara menyuburkan kandungan menurut Islam adalah dengan menyerahkan dan pasrah kepada Allah SWT serta menjalani semua petunjuk yang diberikan-Nya dengan baik.

Bagaimana dengan suami?

Saudara-saudaraku yang berbahagia …

Ada banyak hal yang memengaruhi cepat atau tidaknya seorang wanita bisa hamil. Salah satu faktor yang paling menentukan adalah kualitas sperma.

Itu sebabnya, bagi Anda para pria yang ingin cepat dikaruniai momongan, tidak ada salah nya untuk mulai menyantap makanan penyu bur sperma.

1. Daging sapi dan ayam
Daging sapi dan daging ayam mengandung zinc yang memang terbukti baik untuk menambah jumlah sperma serta motilitas atau pergerakannya. Dengan begitu, sel sperma bisa sampai dengan selamat ke sel telur untuk proses pembuahan.

Selain dagingnya, hati sapi dan ayam pun dianggap baik untuk sperma karena kaya akan kandungan vitamin B-12. Vitamin ini telah terbukti dapat meningkatkan kualitas sperma secara keseluruhan.

2. Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti bayam, sawi, atau lettuce kaya akan kandungan folat. Untuk menyehatkan sperma, kandungan folat harus dipenuhi. Kekurangan folat telah terbukti berhubungan dengan rusaknya DNA sperma dan rendahnya produksi sperma.

3. Ikan
Makanan penyubur sperma selanjutnya adalah makanan laut, seperti ikan. Ikan yang berlemak seperti salmon, tuna, dan makarel, kaya akan vitamin D yang bisa meningkatkan produksi testosteron dan motilitas sperma.

4. Telur
Telur merupakan makanan yang dipercaya baik untuk meningkatkan kualitas sperma secara keseluruhan. Selain dipercaya sebagai makanan penambah sperma, telur juga mengandung vitamin E dan protein yang dapat membantu pergerakan (motilitas) sperma.
Itu sebabnya, pria juga sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan penyubur sperma yang satu ini.
5. Susu dan produk olahannya
Susu dan produk olahannya seperti yogurt dan keju juga kaya akan vitamin D yang baik untuk meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, susu juga kaya akan asam D-aspartat, yaitu sejenis asam amino yang berperan dalam pengaturan hormon testosteron dan meningkatkan konsenterasi dan motilitas sperma.

6. Buah yang mengandung vitamin C
Buah-buahan yang mengandung vitamin C juga dapat dikonsumsi untuk menambah jumlah dan kualitas sperma, seperti jeruk, kiwi, dan stroberi. Vitamin C termasuk salah satu antioksidan yang dipercaya dapat meningkatkan jumlah produksi sperma.
Dikutip dari penelitian dalam National Library of Medicine, suplemen vitamin C diketahui mampu meningkatkan jumlah dan pergerakan sperma secara drastis sekaligus mengurangi jumlah sel sperma yang cacat.
Studi lain yang meneliti pemberian vitamin C pada pria tidak subur juga menunjukkan hasil positif terhadap peningkatan kualitas dan kuantitas sperma.
Penelitian tersebut menyebut bahwa konsumsi suplemen 1.000 mg vitamin C dua kali sehari hingga 2 bulan, mampu meningkatkan motilitas atau pergerakan sperma hingga 92% dan jumlah sperma lebih dari 100%.
Penelitian ini juga menunjukan bahwa konsumsi suplemen vitamin C tersebut mengurangi proporsi sel sperma yang rusak hingga 55 persen.

7. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung vitamin E ya ng juga bisa bertindak sebagai antioksidan. Vitamin ini dipercaya dapat meningkatkan ku alitas sperma dan melindungi sperma dari kerusakan.

8. Ginseng
Ginsenoside, bahan aktif dalam ginseng dapat merangsang pembentukan sperma (spermatogenesis). Selain itu, rempah yang satu ini juga dinilai dapat membantu meni ngkatkan jumlah sperma dan motilitas sperma.

9. Dark chocolate
Siapa sangka cokelat ternyata masuk sebagai salah satu makanan penyubur sperma. Namun, bukan cokelat susu atau cokelat permen yang mengandung banyak gula. Cokelat yang dimaksud adalah dark chocolate yang tidak mengandung terlalu banyak bahan tambahan lain.
Dark chocolate mengandung enzim yang bernama L-Arginine yang dapat membantu menambah volume sperma.

10. Bawang putih
Bawang putih mengandung allicin, senyawa yang bisa membantu melancarkan aliran darah, termasuk ke area organ reproduksi pria.
Aliran darah yang lancar membuat organ reproduksi berfungsi dengan baik, termasuk untuk memproduksi sperma yang sehat.
Bawang putih juga mengandung selenium, yaitu enzim yang dapat membantu meningkatkan pergerakan sperma agar bisa mencapai sel telur.

11. Fenugreek
Fenugreek dipercaya sebagai makanan penyubur sperma. Di dalam studi yang dimuat dalam jurnal Functional Foods in Health and Disease pada 2017, fenugreek mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas sperma.
Namun sebelum mencobanya, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu pada dokter untuk mencegah efek samping.
Selain dengan makanan, para pria juga dapat minum sejumlah obat penyubur sperma. Namun, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter mengingat obat-obatan tersebut umumnya membutuhkan penyesuaian dosis terhadap kondisi kesehatan setiap orang.
Usaha terakhir adalah doa. Berikut 14 doa mak bul agar cepat hamil dan mendapatkan keturunan.

1. Membaca surat Al Furqan
“Robbana hablana min azqajinaa wa zurriyatina qurrota’ayunin, waj’alna lil muttaqiina imama.”

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerakanlah kepada istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Furqan: 74).

2. Membaca doa Nabi Zakaria a.s

.net
“Rabbi hablii min-ladunka dzurriyyatan thayyibatan innaka samii’uddu’a.”

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (QS Ali ‘Imran:38)

Rabbi la tadzarnii fardan wa anta khairal waaritisiin.”

Artinya: “Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris yang paling baik.” (QS Al Anbiya’: 89)

3. Membaca doa Nabi Ibrahim a.s

Rabbi hablii min ash-shalihiin.”

Artinya: “Ya Tuhanku, ahugerakanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.” (As shaffat:100)

4. Membaca surat Maryam ayat 1-6

Kaaf Haa Yaa ‘Ain Shaad
Dzikru rahmati rabbika ‘abdahu zakariyyaa
Idz naadaa rabbahu nidaa-an khafiyyaan
Qaala rabbi innii wahana al’azhmu minnii waisyta’ala alrra/susyayban walam akun bidu’aa-ika rabbi syaqiyyaan
Wa-innii khiftu almawaaliya min waraa-ii wakaanati imra-atii‘aaqiran fahab lii min ladunka waliyyaan
Yaritsunii wayaritsu min aali ya’quuba waij’alhu rabbi radhiyyaan.
Artinya:

1. Kaaf Haa Yaa ‘Ain Shaad

2. Penjelasan tentang rahmat Tuhan kamu kepada hamba-Nya, Zakaria

3. Yaitu tatkala ia berdoa kepada Tuhannya dengan suara yang lembut

4. Ia berkata “Ya Tuhanku, Sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, Ya Tuhanku

5. Dan Sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku sepeninggalku, sedang isteriku adalah seorang yang mandul, Maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putera

Baca Juga  Pernikahan Dalam Pandangan Madzhaf Syafi’i

6. Yang akan mewarisi aku dan mewarisi sebahagian keluarga Ya’qub; dan Jadikanlah ia, Ya Tuhanku, seorang yang diridhai.” (Q.S Maryam: 1-6).

5. Membaca Al-Fatihah

Sebelum memulai doa, hendaklah kita mengawali dengan bacaan Al-Fatihah. Surat pertama di Al-Quran ini disebut sebagai “Ummul Kitab”. Selain itu, bacaan Al-Fatihah juga mempermudah dikabulkannya sebuah doa.

Allah berfirman dalam hadist Qudsi:

“Aku membagi shalat antara Aku dan hamba-Ku menjadi dua dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta.”

Maka jika sang hamba membaca (Alhamdulillahirabbil’alamin) Allah berkata: “Hamba-Ku menyukuri aku,”

Dan jika membaca (Araahman arrahiim) Allah berkata: “Hamba-Ku memuji Aku,”

Dan jika membaca (Maalikiyaumiddiin) Allah berkata: “Hamba-Ku pasrah kepada-Ku,”

Dan jika membaca (Iyyakana’budu wa iyyakanasta’iin), Allah berkata: “Ini antara Aku dan hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta,”

Dan jika membaca (Ihdinashiratolmustaqiim shiratoladzina an’amta ‘alaihim ghairil maghdhubi’alaihim waladhoollin), Allah berkata: “Ini untuk hamba-Ku dan untuk hamba-Ku apa yang ia pinta.” (HR. Muslim)

6. Membaca salah satu Asma’ul Husna: Ya Mushowwir

Setiap selesai habis shaat atau disaat waktu senggang, usahakan untuk membaca asmaul husna “Al Mushowwir” sebanyak 100x. Artinya adalah “Yang Maha Menciptakan segala Bentuk dan Rupa”

“Huwa allaahu alkhaaliqu albaari-u almushawwiru lahu al-asmaau alhusnaa yusabbihu lahu maa fii alssamaawaati waal-ardhi wahuwa al’aziizu alhakiimu.”

Artinya: “Dia-lah Allah Pencipta, Pencipta, Maha membentuk rupa terrsebut; Nya adalah nama yang paling baik; apa yang ada di langit dan bumi menyatakan kemuliaan-Nya, dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS al-Hasyr : 24)

7. Beristighfar 71 kali

Doa agar cepat hamil juga dilakukan dengan memperbanyak istighfar. Bacalah istighfar “Astagfirullah” sebanyak 71 kali ketika sujud atau sehabis sholat.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barang siapa yang memperbanyak istighfar, niscaya Allah akan melapangkan kesusahannya, memberi jalan keluar pada setiap kesuakarannya, dan memberi rezeki tanpa diguga-duga.” (HR. Abu Daud dan Nasa’i)

8. Membaca doa minta keturunan

Setelah membaca istighfar, lanjutkan dengan membaca doa meminta keturunan:

“Allahummarzuqni waladan liusammihi bismi nabiyyika muhammad sholallohu alaihi wa alaihi”

Artinya: “Ya allah karuniakan kepada keturunanku agar aku dapat menemaninya dengan nama Nabi Muhammad SAW.”

9. Membaca Asmaul Husna

Salah satu adab saat berdoa agar diijabah oleh Allah Ta’ala adalah dengan membaca asmaul husna. Memuji Allah Ta’ala, mengakui kebesaran dan keesaan-Nya. Untuk membuktikkan bahwa kita hanyalah hamba yang lemah dan segalanya bergantung kepada-Nya.

Anjuran membaca asmaul husna saat berdoa tertuang dalam firman Allah Ta’ala di Al-Quran:

“Katakanlah, berdoalah kepada Allah atau berdoalah kepada Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu berdoa, Dia mempunyai Asmaul husna.” (Al-Isra’: 110)

“Allah memiliki Asmaul husna, hendaknya kamu berdoa dengannya.” (Al-A’raf: 180)

10. Bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW

Ada banyak keutamaan dari membaca shalawat nabi. Selain sebagai bentuk pujian dan penghormatan kepada bagian Rasulullah SAW, salawat juga dapat mempermudah dikabulkannya sebuah doa.

Dalam hadist dijelaskan:

“Apabila salah seorang dari kalian berdoa maka hendaklah memulai dengan memuji Allah dan memuja-Nya, lalu hendaknya membaca salawat atas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian setelah itu dia boleh berdoa tentang apa pun yang diinginkannya.” (HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi)

Umar bin Khattab Ra. berkata: “Saya mendengar bahwa doa itu ditahan di antara langit dan bumi, tidak akan dapat naik, sehingga dibacakan shalawat atas Nabi Muhammad SAW.” (HR. Tirmidzi)

Ada banyak bentuk bacaan selawat, ini salah satunya yang bisa kamu baca:

“Allahumma Sholli ‘Ala Muhammad Wa’Ala Ali Muhammaad Kama Shollaita ‘Ala Ali Ibrahim, Innaka Hamidun Majid.”

11. Perbanyak bacaan zikir

Selain berdoa, jangan lupa untuk memperbanyak zikir. Berzikir berarti mengingat Allah SWT. Dan aktivitas ini bisa mendatangkan banyak manfaat. Seperti menambah keimanan, melapangkan rizki, membuat hati jadi tenang, dan mendapatkan barokah.

Allah Azza Wa Jalla telah memerintahkan kepada hamba-hamba-Nya untuk memperbanyak zikir. Apabila kita mampu menjaga zikir disetiap hari, maka Allah Ta’ala pun juga akan ingat kepada kita dan doa-doa kita dapat terijabah dengan mudah.

“Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya, dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang.” ( QS: al-Ahzâb 41-42)

Contoh bacaan zikir yang diajarkan Rasulullah SAW, yakni:

“Allahumma antassalam waminkassalam tabarakta Ya Dzaljalali wal ikram
Tasbih (subhanallah) sebanyak 33x
Tahmid (Alhamdulillah) sebanyak 33x,
Takbir (Allahu Akbar) sebanyak 33 x.
Laa ilaaha Illallahu wahdahu laa syarikalahu, lahul mulku walahul Hamdu wahuwa ‘alaa kulli syai-inq qodir.”

12. Membaca surat Al-Ikhlas

Sebelum berdoa untuk dikarunia anak, sebaiknya dahului dengan membaca surat Al-Ikhlas. Surat ke-112 dalam Al-Quran ini mempunyai banyak keistimewaan, salah satunya membantu terkabulkannya doa.

Dalam hadist shahih dijelaskan:

“Sesungguhnya Rasullah Saw. mendengar seseorang berkata: “Ya, Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, bahwa diriku bersaksi sesungguhnya Engkau (adalah) Allah yang tidak ada ilah yang haq disembah kecuali Engkau Yang Maha Esa, Yang bergantung (kepada-Mu) segala sesuatu, Yang tidak beranak dan tidak pula dipernakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya,” kemudian Rasullah Saw bersabda: “Sungguh dirimu telah meminta kepada Allah dengan nama-Nya, yang jika Ia diminta dengannya (pasti akan) memberi, dan jika Ia diseur dengannya, (pasti akan) mengabulkannya.” (HR. Abu Daud)

13. Membaca surat Al-Baqarah ayat 285-286

Umumnya surat Al-Baqarah ayat 285-286 dibaca setelah kita membaca Al-Baqarah ayat 1-5 dan ayat kursi. Bacaan ini dapat dijadikan zikir saat petang.

Dengan membaca dua ayat terakhir di surat Al-Baqarah di malam hari, maka akan membuat hidup lebih lapang dan Allah SWT juga akan mencukupi segala kebutuhan kita.

Termasuk dalam hal memiliki keturunan. Jika kita bersungguh-sungguh meminta kepada Allah Ta’ala pastilah tak ada doa yang sia-sia.

Dari Abu Mas’ud Al Badri RA, bahawasanya Nabi Muhammad SAW bersabda: “Siapa yang membaca dua ayat terkahir dari surat Al Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari Muslim)

14. Membaca doa minta hajat

“Laa illaha illallahul haliimul kariimu subhanallahi robbil ‘arsyil “azim. Alhamdulillahi robbil ‘alamin. As ‘aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaimaa maghfirotika wal ghoniimata min kulli birri wassalaamta min kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghafartahu walaa hamman illa farojhtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimin.”

Artinya:

“Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Lembut dan Maha Pemyantun. Maha Suci Allah pemelihara Arsy Yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru seklaian malam. Kepada-Mu lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih Dan Penyayang.”

Semoga bermanfaat!

Wallahu a’lam bishshawab

___________

Sumber literasi

Popmama

Hamil.co.id

Sehatq.com

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button