NASIHAT

Luar Biasa, Baca Basmallah Dapat Selamatkan Diri di Dunia dan Akhirat

SATUJALAN NETWORK — Seringkali Membaca Bismillahirrahmanirrahim dianggap sepeleh. Namun, ternyata membaca basmallah sebelum memulai aktivitas memiliki makna yang tersirat.

Seperti dikatakan para ulama bersepakat bahwa segala sesuatu yang baik termaksud hal penting diawali dengan membaca basmallah itu merupakan perkara baik disyariatkan.

Ustadz Fery mengatakan membaca bismillah sebelum melakukan aktivitas apalagi aktivitas tersebut penting, hal tersebut disyariatkan dan berpahala.

dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanirrahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya,”.

Dalam Qur’an Surah An Nahl : 30 “Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi) nya :”Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,” (QS An Nahl:30)

Baca Juga  Renungan di Akhir Tahun, Muhasabah Diri

“Dalam contoh seperti anak-anak dalam belajar mendapat kesulitan dalam memahami ilmu, hal ini bisa jadi disebabkan kurang berkah belajarnya dalam arti ketika belajar tidak membaca bismillah,”katanya.

Sesuatu yang tidak berkah itu menyebabkan tidak ada manfaatnya. Melakukan apapun dari hal ringan apalagi hal penting, biasakanlah memulai dengan membaca Bismillahirrahmannirrahiim.

Hakikat basmallah juga selain dari mendapatkan barokah. Bisa disebut juga sebagai izin. Sebagai umat muslim makhluk ciptaan Allah, kita melakukan sesuatu harus meminta izin dengan cara membaca Basmallah.

Sebagai umat muslim ciptaan Allah Subhanawata’allah yang hidup dan tinggal dibumi diberikan kesempatan untuk melakukan aktivitas beribadah kepada Allah. Membaca basmallah sangat berdampak dikehidupan kita.
“memulai dengan keberkahan dapat menolong kita di dunia maupun di akhirat, Jika kita Membiasakan diri maka dengan sendirinya menjadi akhlak kita.

Baca Juga  Meneladani Akhlak Umar bin Khttab

Namun, jika masih awal pemula kita harus jadikan hal tersebut program. Tapi jika sudah jadi kebiasaan maka akan otomatis dan tidak melupakan membaca basmallah, “katanya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button