DUNIA ISLAM

Mengisi Hari-hari Bermanfaat di Tahun 2022

Oleh Aminuddin
Pemerhati Keislaman

KITA saat ini sudah memasuki tahun 2022. Siapa pun dia tentu sangat menginginkan agar tahun ini harus lebih baik dari tahun ke marin, khususnya tahun 2021.

Pertanyaannya adalah bagaimana agar di tahun 2022 ini kehidupan materil dan spirituil kita akan jauh lebih baik dibandingkan sebelum nya?

Jawabannya bisa anda temukan di beberapa penjelasan berikut ini.

1. Istiqamah

Istiqamah memiliki makna lurus, tegak atau dalam bakunya adalah konsisten.

Menurut Ibnu Abbas istiqamah memiliki 3 makna.

Pertama, istiqamah dengan lisan yakni sikap bertahan dengan membaca syahadat.

Kedua, istiqamah dengan hati yakni melakukan segala sesuatu dengan niat yang jujur.

Ketiga, istiqamah dengan jiwa. Seseorang senantiasa menjalankan ibadah serta ketaatan secara terus menerus kepada Allah SWT.

Kenapa kita harus istiqamah?

Karena istiqamah itu memiliki beberapa keistimewaan, di antaranya (1) jaminan surga (2); terhindar dari kesedihan dan kekhawatiran (3); amalan yang dicintai Allah SWT.

2. Bersedekah

Ada 5 keutamaan bersedekah sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran dan Al-Hadist.

– Ganjaran harta dan pahala yang berlipat ganda.

– Dapat memanjangkan usia dan mencegah kematian yang buruk.

– Penghapus dosa seperti air yang memadamkan api.

– Menjauhkan diri dari api neraka.

– Mendapat naungan di hari kiamat.

3. Bersilaturahmi

Silaturahmi merupakan salah satu amalan untuk menyambung tali persaudaraan yang memiliki banyak keutamaan dalam Islam.

Apa saja?

– Melapangkan rezeki

– Memperpanjang umur

– Tanda ketaatab kepada Allah SWT

– Menghilangkan perselisihan

– Mendapatkan Rahmat

– Masuk surga

4. Menyayangi Anak Yatim

Keutamaan menyayangi anak ya tim, selain meraih peluang menjadi teman Rasulullah SAW di surga, pengasuhnya dijamin masuk surga, mendapat predikat abror (saleh atau taat kepada Allah SWT),
dan memperoleh pertolongan dari Allah SWT juga menghindarkan diri dari siksa akherat, investasi amal untuk akherat dan menggapai keberuntungan dan menjadi yang terbaik.

5. Mengerjakan Shalat Sunnah

Selain shalat wajib, tak ada salah nya jika sejak sekarang membiasa kan diri untuk menunaikan shalat Sunnah. Misalnya shalat tahajud dan dhuha.

Ada 5 keutamaan shalat Dhuha.

– Sebagai sedekah

– Tak dianggap lalai

– Diampuni dosanya

– Memiliki istana surga

– Menyehatkan tubuh

Sedangkan shalat tahajud, keutamaannya sebagai berikut.

– Membuat tubuh lebih sehat dan dicegah dari perbuatan dosa

– Mendapat tempat terpuji di sisi Allah SWT

– Mendapatkan Ridha Allah SWT

– Dikabulkan doanya dan diampuni dosanya

– Masuk surga dengan damai

– Diberi ketentraman hati dan pikiran

– Meningkatkan imunitas dan meredakan stres.

6. Berbuat Baik kepada Kedua orangtua

Yang dimaksud dengan berbuat baik kepada ibu bapak adalah berbakti, mengasihi dan lemah lembut kepada mereka.

Baca Juga  Janganlah Kalian Memiliki Sifat Sombong dan Angkuh

Ada 5 keutamaan berbakti kepada kedua orangtua.

– Amal yang Paling Utama

Abdullah bin Mas’ud radhiyallaahu ‘anhu berkata. “Aku bertanya kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam, ‘Amal apakah yang paling utama?’

Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Shalat pada waktunya (dalam riwayat lain disebutkan shalat di awal waktunya).’

Aku bertanya lagi, ‘Kemudian apa?’

Nabi menjawab: ‘Berbakti kepada kedua orang tua.’

Aku bertanya lagi: ‘Kemudian apa?’

Nabi menjawab, ‘Jihad di jalan Allah’.

– Ridha Allah Bergantung kepada Ridha Orang Tua

“Darii ‘Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash radhiyallaahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ridha Allah bergantung kepada keridhaan orang tua dan murka Allah bergantung kepada kemurkaan orang tua”.

– Dapat Menghilangkan Kesulitan yang Sedang Dialami

Yaitu dengan cara bertawassul dengan amal shaleh tersebut. Dalilnya adalah hadits riwayat dari Ibnu ‘Umar radhiyallaahu ‘anhuma mengenai kisah tiga orang yang terjebak dalam goa dan salah seorangnya bertawassul dengan bakti kepada ibu bapaknya.

Haditsnya sebagai berikut:

” …Pada suatu hari tiga orang dari umat sebelum kalian sedang berjalan, lalu kehujanan. Mereka berteduh pada sebuah goa di kaki sebuah gunung. Ketika mereka berada di dalamnya, tiba-tiba sebuah batu besar runtuh dan menutupi mulut goa.

Sebagian mereka berkata kepada yang lain: ‘Ingatlah amal terbaik yang pernah kamu lakukan.’ Kemudian mereka memohon kepada Allah dan bertawassul melalui amal tersebut, dengan harapan agar Allah menghilangkan kesulitan tersebut.

Salah satu di antara mereka berkata: ‘Ya Allah, sesungguhnya aku mempunyai kedua orang tua yang sudah lanjut usia sedangkan aku mempunyai isteri dan anak-anak yang masih kecil. Aku menggembala kambing, ketika pulang ke rumah aku selalu memerah susu dan memberikan kepada kedua orang tuaku sebelum orang lain.

Suatu hari aku harus berjalan jauh untuk mencari kayu bakar dan mencari nafkah sehingga pulang sudah larut malam dan aku dapati orang tuaku sudah tertidur, lalu aku tetap memerah susu sebagaimana sebelumnya. Susu tersebut tetap aku pegang lalu aku mendatangi keduanya namun keduanya masih tertidur pulas.

Anak-anakku merengek-rengek menangis untuk meminta susu ini dan aku tidak memberikannya. Aku tidak akan memberikan kepada siapa pun sebelum susu yang aku perah ini kuberikan kepa da kedua orang tuaku. Kemudian aku tunggu sampai keduanya bangun.

Pagi hari ketika orang tuaku bangun, aku berikan susu ini kepada keduanya. Setelah keduanya minum lalu kuberikan kepada anak-anakku. Ya Allah, seandainya perbuatan ini adalah perbuatan yang baik karena mengharap wajah-Mu, maka bukakanlah mulut goa ini.’ Maka batu yang menutupi pintu gua itu pun bergeser sedikit..”

– Akan Diluaskan Rizki dan Dipanjangkan Umur

Baca Juga  Seluruh Warga Afghanistan Harus Merasa Aman Di Bawah Taliban

Sesuai sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam “Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan di-lpanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung silaturrahimnya .”

Dalam silaturahmi, yang harus didahulukan adalah silaturahmi kepada orang tua sebelum kepada yang lain.

– Akan Dimasukkan Ke Surga Oleh Allah ‘Azza wa Jalla

Berbuat baik kepada orang tua dan taat kepada keduanya dalam kebaikan merupakan jalan menuju Surga. Sedangkan durhaka kepada orang tua akan mengakibatkan seorang anak tidak masuk surga.

7. Berbuat Baik kepada Sesama Manusia

Lantas, apa saja manfaatnya yang bisa kita rasakan? Inilah 5 hal yang akan dirasakan saat berbuat baik selain disukai oleh orang-orang.

– Mengatasi Stres yang dialami

Stres bisa dialami oleh siapapun yang disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari tekanan pekerjaan hingga berbagai faktor lainnya. Jika Anda menginginkan masalah tersebut dapat segera diatasi, sebaiknya mulailah dengan melakukan kebaikan kepada sesama.

– Memperkuat Hubungan Sosial

Berbuat baik kepada orang lain juga penting dilakukan demi memperkuat hubungan sosial di antara manusia. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu berbuat baik kepada sesama mulai dari keluarga dekat seperti saudara kandung, sepupu, orang tua, nenek, kakek, hingga keluarga jauh.

Selain itu, jangan lupa selalu melakukan hal yang sama kepada teman dan orang-orang tidak dikenal. Anda bisa mulai melakukan hal sederhana seperti tersenyum, berterima kasih untuk bantuan kecil, hingga menyapa.

– Memperbaiki Kesehatan Tubuh

Salah satu manfaat penting berbuat baik lainnya yaitu dapat membantu otak menyalurkan energi positif ke seluruh tubuh. Hal ini dapat membantu organ di dalamnya bekerja lebih baik dan tidak mudah sakit. Saat perasaan Anda bahagia dalam menjalani hidup, maka berbagai penyakit tidak dapat menggangu.

– Memberikan Efek Domino pada Lingkungan

Dampak dari berbuat baik kepada sesama ternyata dapat juga dirasakan oleh lingkungan sekitar Anda. Sehingga akan memberikan efek domino, dimana kebaikan yang sudah dilakukan bisa kembali walaupun melalui cara yang berbeda.

Maka dari itu, Anda tidak bisa puas hanya dengan satu kebaikan yang sudah dilakukan. Perbanyaklah hal tersebut untuk mendapatkan kembali kebaikan yang lebih banyak.

– Melindungi Diri dari Pengaruh Negatif

Jika Anda berbuat baik tentunya akan memiliki pengaruh kuat dalam diri seseorang. Tidak hanya dapat membuat tubuh lebih kuat, aktif, dan bersemangat tetapi akan melindungi diri dari pengaruh negatif.

Hal ini disebabkan karena sudut pandang Anda saat melihat sebuah masalah akan berubah menjadi tantangan yang harus diselesaikan. Cara ini akan membuat Anda lebih nyaman dalam berbagai kondisi kehidupan.

________

Sumber literasi

1. Merdeka.com
2. Dompet Dhuafa
3. DetikNews
4. Blog Barabai.com
5. Zurich.co.id

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button