ADABDUNIA ISLAM

Ini Keutamaan Membaca Surah Al-Waqiah

Oleh Aminuddin
Pemerhati Keislaman

SURAH Al-Waqi’ah adalah surah ke-56 dalam Al-Qur’an. Surah ini terdiri atas 96 ayat dan termasuk golongan surah Makkiyah. Surah ini dinamai dengan Al Waaqi’ah, diambil dari perkataan Al Waaqi’ah yang terdapat pada ayat pertama.

Al Waqiah bermakna Hari Kiamat. Itu lah sebabnya surah ini berisi gambaran tentang huru hara yang akan terjadi di hari kiamat nanti, dan pada waktu di hisab manusia terbagi menjadi tiga golongan:

– Pertama As Shabiqun (golongan yang bersegera menjalankan kebaikan).

– Kedua ashabul yamiin (golongan kanan).

– Ketiga ash khabus syimal (golongan kiri yang celaka): serta balasan yang diperoleh masing-masing golongan tersebut.

Surat ini juga berisi tentang bantahan Allah SWT kepada orang-orang yang mengingkari keberadaan Tuhan, hari kiamat, dan adanya hisab. Selain itu diterangkan pula dalam surat ini bahwa Al Quran berasal dari Lauh Mahfudz.

Keutamaan

Para ulama menyatakan keutamaan membaca Surat Al Waqiah tiap malam akan dimudahkan dan dicukupkan rezekinya oleh Allah SWT, serta dijauhkan dari kefakiran.

Dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan Al-Hafiz ibnu Asakir telah mengatakan dalam biografi Abdullah ibnu Mas’ud lengkap dengan sanadnya bahwa Abdullah ibnu Mas’ud dalam sakitnya yang mengantarkan kepada kematiannya dijenguk oleh Usman ibnu Affan.

Lalu Usman bertanya,” Sakit apakah yang engkau rasakan?”

Ibnu Mas’ud menjawab, “Dosa-dosakulah yang membuatku sakit.”

Usman bertanya, “Apakah yang engkau inginkan?”

Ibnu Mas’ud menjawab, “Rahmat Tuhanku.”

Usman bertanya, “Maukah engkau kudatangkan seorang tabib?”

Ibnu Mas’ud menjawab, “Tabib akan membuatku bertambah parah.”

Usman bertanya, “Maukah aku perintahkan agar kuberikan ata (pemberian) untukmu?”

Ibnu Mas’ud menjawab, “Saya tidak memerlukannya.”

Usman berkata, “Itu nantinya untuk anak-anak perempuanmu sesudah kamu tiada.”
Ibnu Mas’ud menjawab, “Apakah aku mengkhawatirkan anak-anak perempuanku jatuh fakir? Sesungguhnya aku telah memerintahkan kepada semua anak perempuanku agar setiap malam membaca surat Al-Waqiah karena aku pernah mendengar Rasulullah SAWbersabda:
“Barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam, niscaya tidak akan terkena kemiskinan selamanya.”
Di hadist yang lain :

Baca Juga  Penderitaan Itu Ternyata Besar Manfaatnya           

“Barang siapa yang membaca surah Al-Waqi’ah tiap malam, maka ia tidak akan mengalami fakir selamanya dan apa yang dicita-citakannya akan lekas tercapai.”

Pengasuh Pondok Pesantren Daarul Quran, Ustaz Yusuf Mansur (UYM) mengungkapkan keajaiban Surat Al Waqiah.

UYM menuturkan, dirinya pernah menjumpai salah seorang yang sedang membangun rumah. Namun, pembangunan rumah tersebut terhenti karena terkendala biaya.

“Saya tanya kenapa berhenti. Katanya kurang dana. Saya tanya ada Quran? kenapa gak dibaca. Saya sarankan baca Quran surat Al Waqiah, Ar Rahman, Al Mulk, dan Yasin tiap pagi sore.

“Dua tahun kemudian setelah rutin membaca Surat Al Waqiah, orang itu dapat rezeki dapat rumah yang sudah jadi. Rumah yang belum selesai direnovasi itu dijual,” ucapnya.

Dalam bukunya yang berjudul ‘Kumpulan Doa Berbagai Macam Keperluan”, Ustad Ahmad Filyan al-Hazza mengatakan, setelah membaca Surah Al-Waqi’ah sebaiknya doa berikut ini sebanyak 3 kali.

“Allahumma innii ashbahtu wa amsaitu wa anaa uhibbul Khaira wa akrihusy syarra wa subhaanallaahi wal hamdulillaahi wala ilaahail lallaahu wallaahu Akbari wala haula wala quwwata Illa billaahil ‘aliyyil ‘adzhiim.”

(Ya Allah, sesungguhnya aku bangun pagi dan menjelang sore dan aku senang barang baik dan benci barang jelek. Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan yang patut disembah melainkan hanya Allah, Allah Maha Besar. Tiada daya upaya melainkan dengan kehendak Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung).

Dilanjutkan membaca doa berikut ini sebanyak 3 kali.

“Ya Allah, tunjukkanlah aku dengan nur-Mu kepada nur-Mu, di dalam apa yang dikehendaki dari-Mu kepadaku, dalam hal-hal yang timbul dariku untuk-Mu, dalam hal yang berjalan antara aku dan makhluk-Mu.

Baca Juga  Mualaf Dewa Putu: Berita Tentang Islam Ada di Semua Kitab Suci

Ya Allah, kuasakanlah rezeki kepadaku, lindungilah aku dari sifat tamak, sukar mencari kesibukan hati, perihatin, berangan-angan, berfikir-fikir untuk mendapatkannya dan kikir setelah berhasil.

Ya Allah, mudahkanlah untukku rezeki yang halal dan lekaskanlah (untuk mendapatkannya) wahai dzat yang paling mengabulkan.

Ya Allah, sesungguhnya tidak ada biji-bijian di langit, setetes air di laut, tanah di gunung, daun di pepohonan gerak di badan, kerdip di mata dan kata hati di hati melainkan semua itu Engkau ketahui.

Engkau sebagai saksi, menjadi bukti atas Engkau di kerajaan-Mu mereka sebagai pelancong dan bingung, maka kekuasaan-Mu yang Engkau tundukkan kepada ahli bumi, tundukkan lah untuk aku hati semua makhluk, sesungguhnya Engkau adalah dzat yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Ya Allah, kasihanilah kefakiran, tambahlah kekuranganku, jadikanlah belas kasih-Mu dalam urusanku, ciptakanlah untukku lisan yang benar, jadikanlah kepahaman untuk menyampaikan dan berbicara dengan benar dan tingkah laku yang sesuai dengan Sunnah dan Al-Quran.

Ya Allah, ingatkanlah aku jika lupa, bangunkanlah aku jika aku lengah, ampunilah aku jika berbuat maksiyat, terimalah baktiku, kasihanilah aku. Sesungguhnya Engkau dzat yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Ya Allah, sinarilah hatiku dengan kitab-Mu, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, lepaskanlah lisanku, hilangkanlah kesusahanku, muliakanlah isi hatiku dengan cinta dan paham, berikanlah kepadaku rezeki berupa Al-Quran, ilmu dan akal.

Wahai dzat yang mengabulkan segala hajat, muliakanlah aku dengan berbagai macam kebajikan, sesungguhnya tiada daya dan upaya melainkan atas kehendak Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

Semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW, segenap keluarga dan sahabat beliau. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”

Wallahu a’lam bishahawab.

__________

Sumber Literasi

– Pecihitam.org

– iNews.id

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button