DUNIA ISLAMFIKIH

Bila Sakit Menimpamu Maka Allah Menghapuskan Dosa- Dosamu

 

SATUJALAN NETWORKSakit yang menimpa seseorang, merupakan kasih sayang Allah yang begitu besar nikmatnya. Karena setiap diri ini ditimpa penyakit, maka Allah pun akan menggantinya dengan menghapuskan dosa-dosa kita.

Maka bersabarlah kalian dari ujian Allah itu, karena begitu besar kasih-sayang Allah kepada diri kita ini. Ketahuilah wahai saudaraku -semoga Allah merahmati kita semua- telah menjadi ketetapan dari Allah Azza wa Jalla, dan  bahwa setiap manusia pasti pernah mengalami sakit dan musibah selama hidupnya.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman : “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah mereka mengucapkan ‘Inna lillaahi wa innaa ilaihi roji’uun’. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk ”. (QS. Al-Baqaroh : 155-157).

Baca Juga  Ditimpa Musibah dan Sakit  Mengugurkan Dosa-Dosa  

Sakit dan musibah yang menimpa seorang mukmin mengandung hikmah yang merupakan rahmat dari Allah Ta’ala.  Dalam menyikapi sakit dan musibah tersebut, berikut ini ada beberapa prinsip yang harus menjadi pegangan seorang muslim.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah”. (QS. Al-Hadid : 22). “Tidak ada sesuatu musibahpun yang menimpa seseorang melainkan dengan izin Allah(QS. At-Taghaabun : 11).

Ini adalah hikmah terpenting sebab diturunkannya sakit dan musibah.  Dan janganlah kalian mengeluh atas kesemua itu. Sabar, maka -insya Allah- sakit dan musibah terasa ringan disebabkan banyaknya rahmat dan kasih sayang dari Allah Ta’ala.

Baca Juga  Begini Cara Mendidik Anak - Anak Islam  

Hikmah dibalik sakit dan musibah diterangkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, dimana beliau bersabda: “Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya”. (HR. Bukhari dan Muslim).

“Tidaklah seseorang muslim ditimpa keletihan, penyakit, kesusahan, kesedihan, gangguan, kegundah-gulanan hingga duri yang menusuknya, melainkan Allah akan menghapuskan sebagian dari kesalahan dan dosa-dosanya”. (HR. Bukhari).

Begitu besar makna dari bila kita ditimpa musibah dan sakit yang menyertainya. Sakit akan membawamu kepada kesucian diri, karena Allah akan menghapus segala dosamu.(*)

 

Penulis: Bangun Lubis

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button