NASIHAT

Lawan lah Depresi dengan Iman dan Percaya Diri

Depresi adalah kelainan suasana hati

 

Oleh aminuddin
Pemerhati Keislaman

KABAR cukup mengejutkan datang dari Brebes . Seorang ibu yang menganiaya tiga anak kandung hingga satu di antaranya meninggal dunia di Desa Tonjong, Kecamatan Tonjo ng, diduga menga lami depresi.

Pernyataan ini disampaikan Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polres Brebes AKP Syuaib Abdullah di Mapolres Brebes.

Saudara-saudaraku yang dicintai Allah SWT..

Depresi adalah kelainan suasana hati yang menyebabkan perasaan sedih dan kehilangan minat terus-menerus.

Hal ini biasanya memengaruhi seseorang dalam berpikir dan berperilaku. Seseorang dinyatakan mengalami depresi jika gejala tersebut terjadi selama dua minggu.

Depresi lebih sering dialami oleh orang dewasa, dan penyebabnya diduga berhubungan dengan faktor genetik, hormon, dan zat kimia di otak.

Beberapa faktor pemicu terjadinya depresi, di antaranya mengalami peristiwa traumatis. Memiliki penyakit kronis atau serius.

Penderita depresi biasanya mengalami peningkatan atau penurunan nafsu makan. Takaran dan nutrisi makanan yang dikonsumsi pun juga tidak diperhatikan.

Akibatnya, penderita depresi rentan mengalami berbagai masalah pencernaan, seperti sakit atau kram perut, sembelit, irritable bowel syndrome, serta kolitis ulseratif.

Mereka juga akan berisiko mengalami obesitas, malnutrisi, dan pada kondisi yang parah dapat mengalami anoreksia geriatrik.

Depresi juga dapat merusak kehidupan seksual. Orang yang depresi rentan mengalami penurunan libido, sehingga ia merasa enggan untuk melakukan aktivitas seksual atau bahkan tidak merasakan kesenangan saat berhubungan seks.

Selain itu, depresi juga dapat menyebabkan anorgasmia atau kesulitan mencapai orgasme serta disfungsi ereksi.

Beberapa bagian otak tertentu, meliputi hipokampus dan korteks prefrontal dapat menyusut ketika seseorang mengalami depresi.

Dampak dari penyusutan bagian otak ini adalah menurunnya kemampuan mengingat, menyimpan memori, membuat keputusan, dan mengolah emosi.

Depresi juga dapat menyebabkan bagian otak bernama amigdala bekerja secara berlebihan.

Perubahan pada amigdala ini berdampak pada pola tidur dan aktivitas penderita depre si.

Umpamamya insomnia yang dapat berujung pula pada masalah kesehatan lainnya.

Hormon stres yang dilepaskan ketika seseorang mengalami depresi juga dapat membuat jantung berdegup lebih cepat dan kencang.

Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, kondisi ini meningkatkan risiko penyakit jantung. Salah satunya adalah penyakit jantung koroner yang bisa berakibat fatal.

Baca Juga  Syurga, Imbalan bagi Penunut Ilmu Islam

Depresi juga bisa menurunkan motivasi seseorang untuk menjalani gaya hidup sehat. Hal ini akan membuat tubuh kekurangan energi serta mengalami penurunan imunitas.

Ketika imunitas tubuh melemah, tubuh tidak akan mampu melawan virus dan bakteri sehingga lebih rentan terserang penyakit.

Saudara-saudaraku yang disayangi Allah SWT..

Dilansir dari Help Guide, berikut beberapa cara menghilangkan depresi menurut Islam :

Senantiasa Bersyukur kepada Allah SWT

Cara menghilangkan depresi menu rut Islam yang pertama adalah se nantiasa bersyukur kepada Allah SWT.

Salah satu puncak kebahagiaan ialah ketika seseorang mampu bersyukur dengan apa yang dimiliki.

Dia selalu percaya bahwa semua masalah yang kita hadapi sekarang adalah upaya mendewasakan diri agar ke depan dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

Cara kedaa adalah menjalankan ibadah shalat. Ibadah ini membuat hati kita menjadi lebih tenang. Sha lat juga memiliki tujuan agar sebseorang lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Cara terakhir dzikir. Dzikir merupa kan aktivitas umat muslim untuk menyebut nama Allah SWT. Setiap muslim dianjurkan selalu mengingat Allah dengan cara berdzikir.

Selain untuk memuja kebesaran Allah SWT, berdzikir juga dapat membuat hati dan pikiran sese orang menjadi lebih tenang.

Dzikir merupakan salah satu terapi psikiatrik yang efektif diterapkan pada jiwa manusia. Dengan memperbanyak bacaan dzikir, hati seseorang akan lebih tenang dan terhindar dari depresi.

Saudara-saudaraku yang dimulia kan Allah SWT…

Kisah ini berasal dari seorang ayah bernama Brian yang sedang kehila ngan anak laki-laki yang begitu ia sayangi.

Anak laki-laki tersebut meninggal dunia sehingga membuat sang ayah merasa sangat kehilangan dan terluka.

Setelah Brian kehilangan anak kesayangannya, ia merasa sangat shock, bahkan dapat dikatakan mengalami stres berat.

Brian yang terlihat murung dan depresi juga sempat ingin bunuh diri karena tidak sanggup kehilangan anak laki-lakinya. Padahal anak tersebut bukanlah satu-satunya di keluarga Brian.

Sebab Brian masih memiliki seorang putri yang seharusnya menjadi penghibur kesedihan sekaligus obat atas rasa kehilangan yang dialaminya.

Keluarga Brian masih merasa sangat bersyukur karena Brian tidak benar-benar melakukan bunuh diri untuk menyusul sang anak.

Hingga pada suatu hari, Brian akhirnya berhasil pulih dari stres dan depresi yang ia alami. Brian kembali seperti sedia kala dan berhasil bangkit dari depresi yang ia alami akibat kehilangan anak laki-lakinya.

Baca Juga  Hari Ini dan Esok Ujian Selalu Datang, Tapi akan ada Akhirnya

Kondisi Brian yang terus membaik dikarenakan perjuangan keras serta beragam jenis tahap pemulihan yang sudah ia jalani agar dirinya kembali membaik.

Brian juga mulai mengikuti berbagai kegiatan yang membantu pemulihan bagi para penderita depresi. Keterlibatan Brian dalam kegiatan tersebut tidak terlepas dari ungkapan rasa syukur karena ia berhasil sembuh.

Brian juga bekerja pada sebuah recovery support worker.

Belajar dari kisah Brian di atas, ka lian bisa mengambil hikmah yang penting. Dimana seseorang yang berada dalam kondisi depresi ternyata bisa mengabdikan dirinya untuk orang lain yang sedang mengalami kondisi sama.

Sesedih apapun kamu atas peris tiwa yang pernah dialami, jangan sampai hilang akal sehat dan be rujung pada tindakan merugikan.

Bagi kamu yang saat ini memiliki anggota keluarga yang sedang me ngalami depresi, tak perlu kha watir.

Sebab orang yang mengalami depresi dapat sembuh dengan usaha dan doa yang kuat dari dirinya dan keluarga.

Bahkan kelak ia akan menjadi pri badi yang lebih baik daripada sebelumnya.

Saudara-saudaraku sekalian..

Sebelum kita berpisah, berikut kita nukilkan dalahvsatu doa agar ter hindar dari depresi.

Inilah doanya …

Dalam riwayat Imam Muslim, Nabi Muhammad SAW pernah mengajarkan tentang doa saat mengalami kesusahan atau kesedihan.

اللهُ اللهُ ربِّي لا أُشرِكُ به شيئًا

Artinya: “Allah, Allah, Tuhanku, aku tidak mempersekutukan apapun dengannya. ”

Doa yang pernah dibaca Nabi Musa AS dan terdapat dalam Al- Quran Surat Taha ayat 25-28 :

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

“Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

Untuk memohon kesembuhan kpada Allah SWT, kita harus meyakini bahwa Dia-lah Maha Penyembuh. Percayalah sepenuhnya hanya pada Allah SWT dengan membaca Surat Al Mumtahanah ayat 4.

Wallahu a’lam bishshawab.

__________

Sumber literasi :

1. M. klok dokter. com
2. Www.alodokter.com
3. Kompas TV
4. Savoysstomp. com

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button