MUAMALAH

Jika Ingin Hidup Tenang, Bersedekahlah

Besarnya manfaat atau faedah dari  bersedekah

 SATUJALAN NETWORK – Bukan karena malas atau pelit bersedekah diantara kita, tapi saya yakin karena bisa saja lupa melakukannya. Tapi perlu kita ingat bahwa bersedekah begitu besar manfaat atau faedahnya buat yang gemar melakukannya.

Sudah banyak ulama yang mengetengahkan, baik dalam kajian maupun di kelas sekolah dan dipaparkan dalam buku dan artikel yang menyebutkan bagaimana besarnya manfaat atau faedah dari  bersedekah.

Tertuang dalam firman Allah dalam  Surat An-Nisa Ayat 114 yang artinya : “Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisik-bisikan mereka, kecuali (bisik-bisikan) orang yang menyuruh bersedekah, atau berbuat kebaikan, atau mendamaikan di antara manusia. Dan siapa yang berbuat demikian dengan maksud mencari keridhoan Allah, tentulah Kami akan memberi kepadanya pahala yang amat besar.”

Kalimat bisikan atau anjuran untuk bersedekah dijelaskan Allah sebagai suatu kebaikan yang nyata dan tiada bandingannya. Pahala sedekah sangat luar biasa besar jika dilakukan dengan ikhlas dan hanya mengharap rida dari Allah SWT.  Imbalan dari Allah yang begitu besar adalah untuk memotivasi kita bersedekah tentunya.

Allah berfirman yang artinya;”Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.(QS. Al Baqarah (2) : 261).

Demikian besar balan dari Allah bagi orang yang bersedekah – dalam konteks firman Allah tersebut. Tentu banyak lagi manfaat dam faedah yang diperoleh seseorang jika dengan ikhlas bersedekan baik dalam masa sulit maupun masa lapang.

Baca Juga  Sangat Buruk Pribadi Orang yang Bersifat Tergesa-gesa

Bersedekah bisa Menolak Munculnya Penyakit

Bila kamu sakit, bersedekahlah. Ini merupakan salah satu keajaiban sedekah kepada fakir miskin anak yatim dan handaitolan. Ulama bilang, bila sudah bersedekah dan belum juga sembuh, maka perbanyaklah lagi sedekah. Bisa jadi, Allah sedang mendengarkan doa orang-orang yang pernah kamu beri sedekah.

Keajaiban sedekah tidak hanya dapat membuat kamu sembuh dari penyakit. Sedekah juga bisa mencegah penyakit. Bila ada orang bermaksud jahat atau penyakit menyerang, sedekah akan menangkal bala.

Dalam sebuah hadist, Nabi SAW berpesan: Dari Abu Hurairah ra, ia berkata: Ada seseorang yang datang kepada Nabi SAW dan bertanya: “Wahai Rasulullah, sedekah apakah yang paling besar pahalanya?” Beliau menjawab” “Bersedekahlah sedangkan kamu masih sehat, suka harta, takut miskin dan masih berkeinginan kaya. Dan janganlah kamu menunda-nunda sehingga apabila nyawa sudah sampai tenggorokan, maka kamu baru berkata: “Untuk fulan sekian dan untuk fulan sekian, padahal harta itu sudah menjadi hal si fulan (ahli warisnya),” (HR. Bukhari dan Muslim).

Obatilah orang-orang sakit kalian dengan bersedekah.” (Hasan oleh Syekh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ dan Shahih At-Targhib)(Muslimah.or.id).

Bila ingin Allah memberikan kehidupan yang berkah maka bersedekah juga adalah satu jalan yang sangat baik bagi seseorang. Firman Allah artinya.:” Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.(QS. Al Baqarah (2): 195).

Baca Juga  Terkenal Itu Kok Jadi Ambisi!

Rezekipun Mengalir karena Bersedekah

Barang siapa yang bersedekah, maka baginya adalah terbuka pintu-pintu rezeki. Janji Allah ini tercatat dalam banyak firman Allah.:” Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.(QS. Al Baqarah (2): 245)

Sedekahpun membuat hati jadi tenang dan karena terhapusnya kesalahan-kesalahan. Terhapusnya kesalahan atau dosa, membuat hati jadi tenang. “Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.(QS. Al Baqarah (2): 271).

An Nawawi dalam Shahih Muslim dijelaskan, “Para ulama menyebutkan bahwa  keberkahan harta bisa seseorang itu bersedekah. Begitupun kebahagiaan bisa didapatkan dengan menyenangkan hati orang lain. Saat bersedekah kepada orang yang membutuhkan, pasti mereka akan merasa senang karena telah mendapatkan bantuan. Inilah yang dapat menjadi sumber kebahagiaan bagi diri sendiri ketika dapat meringankan beban orang lain.

Penulis: Bangun Lubis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button