MUAMALAH

Doakan Orang Lain, Engkau Peroleh Hasil yang Sama

Oleh: Hj, Desmawati Djuliar

SATUJALAN NETWORK – Mendoakan orang lain itu sangat besar pahalanya. Dan tanpa disadari Allah juga akan memberikan ganjaran kepada ,mereka yang senang dan ikhlas mendoakan kebaikan kepada orang lain. Apalagi orang yang dido’akan itu lagi mendapat musibah, (kecil atau besar) maka Allah sangat menyayangi mereka yang mendoakannya.

Meminta dido’akan pun tidak masalah. Saking baiknya perbuatan doa, maka diantara kalian umat yang beriman hendaklah mendoakan sesama, sekalipun diminta dan tanpa diminta.

Suatu  kisah Umar bin Al Khathab yang meminta pada Uwais Al Qorni agar mendoakan dirinya, padahal Umar lebih utama dari Uwais. Dalam pergaulan masyarakat kita sudahlah terbiasa sikap dan perbuatan yang  saling medoakan. Dan pada suatu kali, seorang sahabat meminta didoakan, maka bila itu dinilai begitu perlunya, maka doakan lah saudaramu itu.

‘’ Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor), mereka berdoa: “Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman.” (QS. Al-Hasyr: 10)

Baca Juga  Inilah Tanda Allah Sayang Pada Hamba-Nya

Allah Ta’ala berfirman tentang doa Ibrahim -alaihishshalatu wassalam-:Wahai Rabb kami, beri ampunilah aku dan kedua ibu bapaku dan semua orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” (QS. Ibrahim: 41).  Allah Ta’ala juga berfirman tentang Nuh -alaihissalam – bahwa beliau berdoa: “Wahai Rabbku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke dalam rumahku dalam keadaan beriman, dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan.” (QS. Nuh: 28)
Begitulah  kita dianjurkan selalu mendoakan orang lain, kendati mereka tidak mengetahui kita mendoakan mereka atau tidak meminta, maka doa itu akan sangat besar fidhiahnya bagi yang mendoakan.

Mendoakan sesama muslim tanpa sepengatahuan orangnya termasuk dari sunnah hasanah yang telah diamalkan turun-temurun oleh para Nabi dan juga orang-orang saleh yang mengikuti mereka. Mereka senang kalau kaum muslimin mendapatkan kebaikan, sehingga merekapun mendoakan saudaranya di dalam doa mereka tatkala mereka mendoakan diri mereka sendiri.

Baca Juga  Menjauhlah dari Sikap Overthinking

Dan ini di antara sebab terbesar tersebarnya kasih sayang dan kecintaan di antara kaum muslimin, serta menunjukkan kesempuraan iman mereka. Nabi -alaihishshalatu wassalam- bersabda, “Tidak beriman salah seorang di antara kalian sampai dia mencintai untuk saudaranya apa yang dia cintai untuk dirinya sendiri.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Anas bin Malik)

Karenanya Allah dan Rasul-Nya memotifasi kaum muslimin untuk senantiasa mendoakan saudaranya, sampai-sampai Allah Ta’ala mengutus malaikat yang khusus bertugas untuk meng’amin’kan setiap doa seorang muslim untuk saudaranya dan sebagai balasannya malaikat itupun diperintahkan oleh Allah untuk mendoakan orang yang berdoa tersebut. (*)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button